Food,  Health

Memahami Nutrition Facts Label

Seberapa sering kita membaca Nutrition Facts Label saat membeli produk yang akan kita konsumsi? Informasi apa saya yang akan kita peroleh dari Nutrition Facts Label? Apakah membaca Nutrition Facts Label ini penting?

Informasi yang saya sampaikan berikut ini adalah resume hasil belajar saya dari beberapa sumber seperti sumber FDA dan Mayo Clinic .

sumber : FDA

Nutrition Facts Label adalah label informasi yang biasanya terdapat pada kemasan makanan yang berisi informasi kandungan nutrisi dari makanan. Informasi yang ada pada label ini adalah sebagai berikut:

  1. Serving Size / Takaran saji
  2. Serving Per Container / Jumlah sajian per kemasan
  3. Calories / Kalori
  4. Calories from Fat / Energi dari Lemak
  5. Percent Daily Value
  6. Footnote
  7. Nutrients / Nutrisi
  8. Ingredient List

Mari kita bahas setiap komponen yang terdapat pada Nutrition Facts Label.

Serving Size
Takaran saji atau Serving Size ini menunjukkan jumlah makanan yang disajikan/dikonsumsi/dimakan pada satu kali makan. Hal ini berarti semua informasi yang sediakan pada label ini menunjukkan jumlah pada satu kali saji. Pada contoh, Serving Size 1 package (272 gram) artinya, makanan ini biasa disajikan dalam jumlah 272 gram.

Serving Per Container
Informasi ini menunjukkan jumlah sajian pada satu kemasan. Jika pada label tercantum Serving per Container 1, artinya dalam satu kemasan terdapat 1 kali saji.

Calories
Menunjukkan total kalori/energi yang berasal dari semua sumber (lemak, karbohidrat, protein, dan sumber lainnya) dalam satu kali saji.

Calories from Fat
Energi dari lemak bukan tambahan energi melainkan energi yang berasal dari kontribusi lemak dibandingkan dengan total energi. Jadi, pada contoh energi dari lemak adalah 45 kalori, berarti sejumlah 255 kalori berasal dari sumber makanan lain.

Percent Daily Value (% DV/%AKG)
Percent Daily Value atau Persen AKG menunjukkan jumlah jenis nutrisi tertentu yang terkandung dalam satuan saji makanan.

Footnote
Catatan tambahan pada footnote ini biasanya berisi informasi acuan total kalori. Biasanya jumlah 2000 kalori digunakan sebagai dasar kebutuhan kalori. Tapi, jangan lupa, kebutuhan kalori akan berbeda beda untuk setiap individu bergantung pada jenis kelamin, usia, tinggi danberat serta level kegiatan fisik.

Semoga rangkuman ini, bisa membantu teman-teman lebih bijak memilih makanan yang akan dikonsumsi ya :).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *