Children's,  Family,  Financial Planning

Mengenalkan Literasi Finansial ke Anak

Sumber Gambar : Intheblack.com

Berbicara mengenai uang kepada Anak bukan lagi hal tabu melainkan hal biasa yang sebaiknya menjadi kebiasaan baik di dalam keluarga. Tentu saja bukan menceritakan hutang atau nilai investasi pada portfolio, tetapi obrolan ringan seperti “Nak, kamu sudah tahu apa yang benar-benar kamu butuhkan untuk les nanti? Ayo kita list barang yang akan kamu butuhkan kemudian kita perkirakan kebutuhan biaya yang harus kita siapkan”.

Selama menjadi Perencana Keuangan, sering kali klien memiliki ekspektasi terlalu jauh atau memikirkan hal yang terlalu rumit mengenai uang. Padahal menjadi Perencana Keuangan bagi diri sendiri dan keluarga bisa dimulai dengan membiasakan hal kecil seperti bisa membedakan hal yang memang benar-benar menjadi kebutuhan dan bukan keinginan saja.

Kembali ke topik tentang mengenalkan literasi finansial ke Anak, berikut adalah tips yang bisa saya bagikan:

1. Perkenalkan “hubungan” antara uang dan anak

Sebaiknya jangan mengenalkan “uang” sebagai reward atau hadiah kepada anak. Kenalkan Uang sebagaimana fungsi nya, yaitu alat tukar. Hal tukar untuk produk/jasa yang dibutuhkan.

2. Perkenalkan kebiasaan kebiasaan baik dalam kelola keuangan
Kebiasaan baik dalam kelola keuangan bisa berupa mencatat kebutuhan belanja, bisa membedakan kebutuhan dan keinginan, melibatkan anak dalam membuat prioritas belanja keluarga, membiasakan anak untuk menabung.

3. Ajarkan anak untuk senantiasa bersyukur dan bersedekah
Dalam Perencanaan Keuangan, mengelola uang yang kita miliki adalah bentuk bersyukur kepada Sang Pemberi rezeki. Melalui pengelolaan uang yang baik, tidak hanya kita pribadi yang bisa mewujudkan tujuan keuangan, kita juga bisa memberi manfaat bagi orang sekitar kita melalui dana sosial yang disiapkan seperti melalui bersedekah.

Literasi finansial kepada anak bisa diberikan sesuai dengan usia anak. Kenalkan melalui permainan atau aktifitas yang menyenangkan.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *