Health,  hobby

SkinEthica #Review

Kesehatan kulit menjadi salah satu aspek yang sering sekali dilupakan dan tak jarang dari kita meinginkan kulit putih dan cerah dalam sekejap atau instan. Padahal untuk mendapatkan kulit sehat tidaklah sulit asalkan kita mau bersabar untuk merawat kulit wajah, memberi nutrisi dari dalam dan memberi perlindungan kepada kulit.

Skin Ethica Dermal Expert

Skin Ethica Derma Expert, sebuah klinik kecantikan yang memfasilitasi kita mendapatkan semua yang kita butuhkan. Tidak cuma dokter spesialis kulit, di klinik ini ada dokter spesialis gizi yang akan membantu kita merencanakan nutrisi yang tepat secara individual dan dokter spesialis bedah plastik yang membantu menangani permasalahan anggota tubuh termasuk kulit mulai dari perbaikan fungsi hingga rekonstruksi sehingga tubuh (termasuk kulit) bisa berfungsi secara normal kembali.

Berbicara mengenai kesehatan kulit, dr Nuri N Sugandi, SpGK menyampaikan bahwa ada beberapa nutrisi yang diperlukan oleh kulit kita agar menjadi lebih sehat. Nutrisi itu, antara lain,

1. Kolagen
Menurut Live Science, kolagen adalah protein utama yang menyusun jaringan konektif seperti kulit, dan kartilago (tulang rawan). Secara alami, tubuh kita akan memproduksi asam amino dari perombakan protein yang kita konsumsi. Asam amino tersebut akan menjadi bahan penyusun protein di dalam tubuh, termasuk kolagen. Dari luar tubuh, kolagen dapat diperoleh dari sumber makanan yang tinggi protein seperti ayam, daging, telur, kacang-kacangan. Dengan tambahan makanan yang mengandung antioksidan, kolagen dapat terhindar dari kerusakan akibat stress oksidatif.

2. Glutation
Percayakah Anda, kalau sel kita mengandung glutation, protein ini disusun oleh tiga asam amino penting yakni sistein, glutamat dan glisin. Glutation ini berperan sebagai antioksidan yang membantu tubuh melawan radikal bebas. Menurut dr Nuri, selain berperan sebagai antioksidan ternyata glutation ini berperan untuk mencerahkan kulit. Situs Webmd, menyebutkan beberapa sumber makanan yang mengandung Glutation, antara lain sayur-sayuran seperti brokoli, bayam dan asparagus.

Nah, untuk merawat kulit supaya sehat, ternyata ga sulit loh, dr Nia, SpKK menyampaikan bahwa ada rutial wajib yang harus banget dijalankan kalau kita mau mendapatkan kulit yang sehat, ritual itu adalah
1. Pembersihan kulit (Cleansing), lakukan double cleansing ya, untuk membersikan kotoran berbasis minyak/lemak (yang tidak larut air), dan kotoran yang larut air.
2. Gunakan vitamin A di malam hari
3. Gunakan niacinamid 4% untuk mencegah inflamasi
4. Gunakan vitamin C sebagai antioksidan
5. Gunakan tabir surya.

Sekian dulu pengantar seputar kesehatan kulit dari Skin Ethica Dermal Expert, review perawatannya akan saya bahas di tulisan selanjutnya ya 🙂


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *