Family,  Financial Planning

Tips Keuangan Selama Masa Karantina Covid-19

Sumber : Google

Sudah 5 minggu di rumah, sudah 5 minggu work from home, sudah 5 minggu anak anak sekolah di rumah. Bagaimana kondisi dompet? Aman sejahtera atau malah bolong jebol?

Berikut tips keuangan agar kita bisa bertahan selama masa karantina ini:


1. Hindari panic buying
Mungkin buat beberapa orang panic buying ini sudah terlewati. Tapi buat lainnya yang tinggal di daerah dengan kasus covid yang mulai naik, panic buying mungkin masih terjadi. Panic Buying ini bisa saja terjadi karena secara psikologis kita merasa cemas atau takut secara berlebihan. Untuk menghindari panic buying, kita bisa membuat catatan, barang apa saja yang memang kita butuhkan dan tentukan jumlahnya. Kemudian cari info sebanyak banyaknya, apakah barang yang akan kita beli benar-benar dibutuhkan dan sesuai dengan peruntukannya. Misalnya, untuk masker, masker bedah diperuntukkan untuk kalangan medis, maka kita tidak perlu membeli masker bedah.

2. Saatnya Dana Darurat siap digunakan
Dengan kondisi ekonomi yang sulit seperti saat ini, hampir semua lapisan masyarakat terkena dampaknya. Kondisi seperti ini, mengharuskan kita mensiagakan dana darurat. Jika keluarga sudah memiliki dana darurat yang cukup, maka tempatkan dana pada instrumen yang mudah digunakan. Jika keluarga belum memiliki dana darurat yang cukup, maka bersiaplah untuk menjual asset yang dimiliki.

3. Belanja Bijak
Tidak sedikit Ibu yang mengeluhkan pengeluaran saat ini sangat banyak. Padahal kalau ditelusur kembali, mungkin biaya seperti biaya transportasi, biaya sosialisasi, biaya jajan anak-anak harusnya berkurang karena keluarga tidak ada aktifitas keluar rumah. Belanja bijak bisa diterapkan di keluarga, misalnya belanja barang-barang atau bahan makanan yang memang dibutuhkan dan “jajan” sewajarnya.

4. Hitung Kembali Anggaran Belanja Keluarga
Anggaran belanja keluarga dalam kondisi “tidak normal” seperti saat ini pasti mengalami dampak. Dalam kondisi ini, penting sekali berdiskusi bersama pasangan dan membuat strategi keuangan yang baru. Jangan lupa untuk memfokuskan pada dana darurat dan investasi.

5. Manfaatkan Momen untuk Membuat Pemasukan Tambahan
Disaat seperti ini, dimana orang-orang mengalami keterbatasan untuk berinteraksi secara langsung, akses melalui daring pasti digunakan oleh hampir setiap orang. Momen ini bisa kita manfaatkan untuk membuat pemasukan tambahan, misalnya berjualan online.

Demikian beberapa tips yang bisa saya bagikan, semoga kita semua bisa melalui masa ini dengan baik.

Salam,

Rahma Tejawati Maryama, CFP
Perencana Keuangan Independen


One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *