hobby,  lifestyle

Kirim Kartu Pos melalui Postcrossing.com

Siapa di sini yang semasa kecilnya memiliki hobi bertukar surat atau kartupos. Lalu mengumpulkan prangko dan kartupos. Lama sekali hobi ini tidak kembali saya geluti, mungkin bisa dibilang lupa karena surat menyurat bergeser ke kebiasaan digital. Ya, berkirim foto melalui whatsapp, mengirim email atau langsung saja berkomunikasi melalui video call. Lalu, masih inget ga gimana sensasi menunggu surat atau kartu pos? Perasaan “deg-deg” an ini yang ingin kembali saya rasakan.

Apa Postcrossing.com?

Postcrossing.com , saya menyebutnya sebagai platform untuk bertukar kartu pos lintas dunia. Platform ini baru saya ikuti bulan bulan september 2021 lalu, oleh karena itu sampai sekarang saya belum menerima satu kartu pos (doakan semoga Pak Pos segera datang bawa kartu pos). Jika melihat anggotanya, postcrossing.com sudah memiliki 805.252 anggota yang tersebar di 209 negara.





Loh, ini kan biasa aja. Tentu tidak. Di Postcrossing.com kita mendapatkan alamat kirim secara acak dan artinya secara acak juga kita akan menerima kartupos dari anggota Postcrossing.com. Lalu bagaimana cara bergabung dengan Postcrossing.com?

Cara Bergabung dengan Postcrossing.com

Untuk bisa mengirimkan kartupos melalui Postcrossing.com tidak sulit. Ikuti langkah berikut dan kirim kartupos perdana kalian. Terlebih dahulu kita membuat akun di Postcrossing.com secara gratis. Kita hanya perlu mengisi identitas yang berupa nama, asal negara, asal kota dan alamat untuk pengiriman kartu pos. Setelah mengisi formulir pendaftaran anggota, jangan lupa untuk melakukan verifikasi melalui email. Selamat! Anda sudah menjadi bagian dari Postcrossing.com

Memulai untuk berkirim Kartu Pos di Postcrossing.com

Langkah selanjutnya adalah Request to Send Poscard. Setelah Anda masuk ke dalam dashbord utama, Anda akan menemukan “Send a postcard” pada tab Postcard. Postcrossing.com akan memilih secara acak anggota yang menjadi tujuan Anda mengirimkan kartupos. Postcrossing.com akan memilih alamat, detail profil dan nomor ID (kode unik) yang menjadi identitas kartu yang akan dikirim. Setelah menerima alamat, jangan lupa untuk membeli kartupos dan prangko ya dan kirim kartupos melalui Kantor Pos.

Berapa lama Kartu Pos yang dikirim akan sampai?

Durasi pengiriman kartu pos akan berbeda-beda tergantung pada negara tujuan. Untuk kartu pos yang sudah pernah saya kirimkan, rata-rata membutuhkan waktu kurang lebih 30 hari untuk sampai ke negara tujuan (USA).

Penerima kartu pos akan mendaftarkan Kartu Pos dengan memasukkan nomor ID Kartu Pos. Jika Kartu Pos Anda sudah didaftarkan, artinya Anda akan menjadi penerima Kartu Pos secara rahasia (waktu dan pengirimnya).

So, selamat menunggu Kartu Pos datang 🙂

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Follow by Email
Twitter
YouTube
Pinterest
Instagram