Business,  Start Up

“Brand Pillars”, Formula Sederhana untuk Membangun Brand Anda

Salah satu pelajaran paling berharga ketika saya dan tim membangun sebuah start up adalah membangun sebuah brand. Jika selama ini, brand identik dengan logo, ternyata lebih dari itu. brand menjadi sangat penting karena posisi sebuah produk atau personal juga ditentukan oleh brand. Berikut adalah beberapa hal yang menjadi brand pillars, bagaimana sebuah brand dibuat dan dikembangkan.

Clarity

Kejelasan atau clarity menjadi kunci utama strategi membuat sebuah brand baik untuk produk maupun untuk personal. Clarity bisa didefinisikan dengan menggunakan metode 5W+1H seperti dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
1. Apa produk/jasa yang ditawarkan kepada pelanggan (costumers) atau pengikut (followers) Anda?
2. Bagaimana produk/jasa Anda memiliki keunggulan dibandingkan dengan produk lain?
3. Mengapa costumer harus memiliki produk atau menggunakan jasa Anda?
4. Bagaimana produk/jasa yang Anda tawarkan bisa menyelesaikan permasalahan dari costumer?
5. Siapa yang menjadi target produk atau jasa Anda?
6. Apa tujuan dari produk/jasa yang ditawarkan oleh Anda?

Secara umum, clarity bisa ditujukan kepada hal-hal berikut,
1. Tujuan
2. Visi
3. Value/Nilai
4. Audiens/Target produk

Jika keempat hal ini sudah bisa Anda definisikan dengan baik, maka langkah berikutnya adalah menentukan Personality dari brand Anda

Personality

Sebuah brand baik untuk produk maupun untuk personal sebaiknya dibangun berdasarkan personality yang jelas. Jika Anda adalah seseorang yang baru mempelajari tentang sebuah brand, secara sederhana personality adalah komponen-komponen pembangun sebuah Brand misalnya warna dan huruf pada logo, color pallate pada sosial media maupun website, suasana yang diciptakan untuk sebuah tempat, slogan yang digunakan pada konten iklan hingga brand ambassador yang digunakan oleh Brand anda.

Untuk lebih memperjelas bagaimana personality sangat melekat pada sebuah brand, mari kita bahas contoh brand yang sering kita lihat seperti Coca Cola. Coca Cola adalah merk minuman karbonasi dengan brand personality sebagai produk minuman yang cocok untuk kaum muda (youthful), huruf yang digunakan menggambarkan kegembiraan dan kreatifitas. Brand personality ini melekat di Coca-Cola sehingga produk ini memiliki posisi yang berbeda dengan kompetitornya seperti Pepsi.

Connection

Adalah komponen terakhir bagaimana Anda menyampaikan nilai brand anda ke pelanggan. Selain platform seperti media sosial dan iklan berbayar, connection juga meliputi pengalaman pelanggan ketika menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan seperti after sales service, loyal card program, dan layanan ekslusif lain yang sesuai dengan produk/jasa Anda.


Jika ketiga komponen ini sudah dimiliki oleh brand Anda, insyallah Anda sudah berada di tahapan yang benar dalam membangun brand Anda. Jika belum, maka Anda belum terlambat untuk mendiskusikan komponen-komponen di atas dengan tim Anda.

Please follow and like us:

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Follow by Email
Twitter
YouTube
Pinterest
Instagram