Business,  Review Produk,  Start Up

Kenali Persepsi Psikologis dari 3 Warna Ini

Dari tulisan sebelumnya, Anda sudah mempelajari hal dasar yang harus Anda lakukan ketika memulai untuk membangun Branding atau pencitraan untuk produk atau jasa yang Anda tawarkan. Maka di tulisan kali ini, saya akan membahas sedikit tentang bagian Brand Personality, yakni mengenai warna.

Dalam Branding, warna mengambil peran sangat penting karena menyangkut persepsi pelanggan terhadap produk/jasa. Beberapa Brand besar yang memiliki kesamaan warna, secara psikologis memberikan persepsi yang mirip pada pelanggannya. Seperti warna merah, Brand yang menggunakan warna merah identik dengan excitement yang diartikan sebagai kegembiraan seperti persepsi pada Coca Cola, Youtube dan Netflix.

Sumber Gambar: Pinterest

Warna Merah juga identik dengan kebahagiaan, keberuntungan dan kesehatan atau kesejahteraan untuk beberapa kota di Asia seperti di India dan Cina. Warna Merah mengandung makna “Kuat” atau Powerful, persepsi ini secara nyata dapat mempengaruhi pelanggan untuk melakukan aksi “masukkan ke keranjang” atau langsung melakukan transaksi untuk produk Anda. Pada beberapa bentuk kombinasi dengan warna lain, merah juga bisa menciptakan persepsi kasih sayang atau Love bagi pelanggan.

Warna Oranye memberikan persepsi tentang kreatifitas, kesenangan, masa muda (Youthful) dan petualangan seperti pada Brand Nikelodeon. Dengan kombinasi atau tones warna yang berbeda, Oranye bisa memberikan persepsi yang berbeda. Misalnya dengan nuansa pastel, oranye bisa memberikan persepsi manis. Pada kombinasi lainnya, oranye bisa memberikan rasa segar dengan persepsi sehat. Selain itu, warna Orange antusiasme, kesuksesan dan keseimbangan.

Sumber Gambar: Pinterest

Warna berikutnya yang sering digunakan pada logo untuk membangun sebuah Brand adalah Biru. Warna yang mengingatkan kita pada laut atau langit ini memberikan persepsi damai, tenang, percaya, stabil. Perusahaan teknologi besar seperti Facebook, Twitter, Skype, Zoom menggunakan wana biru untuk memberikan persepsi bisa diandalkan, kepercayaan dan komunikasi. Untuk kebutuhan lain, misalnya untuk memberikan persepsi otoritas, warna Biru oleh institansi seperti Polisi.

Sumber Gambar: Pinterest

Ini lah ketiga warna yang sering digunakan oleh Brand besar dalam membangun persepsi untuk produk/jasa mereka. Anda bisa menyesuaikan warna Brand Anda sesuai dengan kepribadian bisnis Anda.

Please follow and like us:

11 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Follow by Email
Twitter
YouTube
Pinterest
Instagram