Family,  Financial Planning,  lifestyle

Lakukan 3 Hal pada Keuangan Keluarga Sebelum Pergantian Tahun

Tidak terasa sekarang sudah sepekan menjelang pergantian tahun. Sebelum memikirkan apa yang hendak Anda lakukan di tahun 2022, lakukan 3 hal ini terlebih dahulu pada keuangan Anda.

Catat Kondisi Aset dan Utang

Sumber Gambar: Canva

Pencatatan aset dan utang sangat penting dilakukan untuk penyusunan laporan keuangan keluarga. Ternyata tidak hanya perusahaan, pribadi atau keluarga sebaiknya melalukan pencatatan dan pengecekan kondisi Aset dan Utang. Hal ini biasa disebut sebagai Financial Check Up. Pada tahap ini kita akan melakukan pengecekan terhadap kesehatan keuangan Anda atau keluarga. Pada Financial Check Up, Anda akan mengetahui kondisi keuangan Anda atau keluarga secara lebih mendalam misalnya mengetahui seberapa besar dana darurat yang Anda miliki melalui liquidity ratio, mengetahui seberapa besar kemampuan Anda dalam membayar Utang melalui Debt Service Ratio dan kondisi keuangan lain. Jangan sampai anda merasa bahwa Anda hanya Tampak memiliki Harta padahal tidak.

Cek Dana Darurat Anda

Belajar dari kondisi keuangan saat dua tahun pandemi ini bahwa dana darurat berperan sangat penting misalnya dalam kondisi putus hubungan kerja, kondisi sakit atau membantu saudara yang tertimpa musibah. Untuk Pribadi dan Keluarga, Dana Darurat sebaiknya dimiliki dalam jumlah mulai dari 3x hingga 12 kali pengeluaran rutin bulanan. Jika Anda meragukan bagaimana melakukan pengecekan jumlah Dana Darurat yang dimiliki, Anda bisa mengecek jumlah aset lancar baik dalam bentuk simpanan, deposito atau aset lancar lainnya. Jangan lupa bahwa syarat dari Dana Darurat adalah mudah cairkan jika sewaktu-waktu Dana ini dibutuhkan. Cek besar Dana Darurat Anda berdasarkan Liquidity Ratio pada Financial Check Up yang Anda lakukan.

Refleksikan Tujuan Keuangan Anda

Menjadi kaya bukanlah sebuat tujuan keuangan melainkan sebuah keinginan karena tidak didefinisikan dengan jelas dan baik. Tujuan keuangan yang baik adalah tujuan yang memenuhi persyaratan SMART yakni Spesifik, Measureable, Achieveable, Reliable dan Time-Bound. Jika tahun ini Anda merasa bahwa tujuan keuangan Anda belum tercapai, maka Anda bisa mengecek kembali apakah Tujuan Keuangan Anda atau keluarga sudah memenuhi persyaratan SMART. Tujuan keuangan yang baik tidak hanya menjadi keinginan yang bersifat sementara melainkan juga menjadi motivasi internal yang mendorong kita mengelola keuangan menjadi lebih baik.

Selamat menyambut tahun baru, semoga kondisi keuangan Anda dan keluarga semakin baru di tahun 2022.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Follow by Email
Twitter
YouTube
Pinterest
Instagram